Peserta Kejuaraan Shorinji Kempo Kapolda Cup 2019 Lampaui Target

0
414
Kejuaraan Shorinji Kempo Kapolda Cup 2019 siap digelar (FOTO: Ist)

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS – Jumlah peserta Kejuaraan Shorinji Kempo Kapolda Cup 2019 ternyata melampaui target.

Hingga hari terakhir penutupan pendaftaran, Senin (24/6/2019), peserta kejuaraan ini mencapai 416 kenshi sedangkan panitia awalnya menargetkan 300 kenshi.

Kejuaraan hasil kerja bareng Pengprov Perkemi Bali dengan Polda Bali ini dihajat 29-30 Juni 2019 di GOR Lila Bhuana Denpasar.

“Dari jumlah peserta itu berasal dari total 20 kabupaten dan kota se-Indonesia.  Sebanyak 11 kota di antaranya dari luar Bali dengan jumlah peserta 70 orang kenshi,” ucap Ketua Panpel Kejuaraan, Komang ‘Jaghier’ Suardika.

Dijelaskan pria yang akrab disapa Jaghier ini, semenjak dibuka hari pendaftaran hingga dua minggu setelahnya, peserta sudah menyentuh angka 300 orang. Mengingat antusias kenshi dan daerah yang mengirimnya begitu luar biasa dan sangat ingin tampil di Bali, maka panitia menambahkan lagi kuotanya.

Paling banyak, disebutkan dia, tentu saja dari Bali dengan kurang lebih 350 kenshi. Kemudian daerah luar yang ikut serta itu yakni Mataram dengan mengutus 15 kenshi, Sumbawa 3 kenshi, Bima dengan dua kontingen yakni kabupaten serta kota berjumlah 11 kenshi, Dompu (2), Banyuwangi (8), Jember (6), Karawang (5), Pasuruan (6), Lombok Tengah (5) dan Sumba Timur (4).

“Untuk nomor pertandingan sebanyak 23 kelas dari embu dan randori. Acuan nomor ini yakni nomor yang dipertandingkan di PON 2020 sebanyak 21 nomor sedangkan dua tambahan lainnya yakni 1 kelas kecil dan 1 kelas atas,” ujar Jaghier.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Pengprov Shorinji Perkemi Bali, Fredrik Billy menambahkan, pihaknya berharap khususnya kepada kabupaten dan kota di Bali menyiapkan kenshi sebaik mungkin. Karena ajang ini bisa dipakai pemanasan sebelum Porprov Bali 2019 September mendatang di Tabanan.

“Selain pemanasan untuk Porprov Bali itu, kami di pengprov juga ingin memantau perkembangan dari program latihan kenshi penghuni Pelatda Bali dan Pelatda Perkemi Bali. Jumlahnya sebanyak 16 atlet. Kalau di atas kertas, harusnya bisa mendapat emas bagi atlet pelatda tersebut,” tegas Billy.

Ditambahkan juga, saat pembukaan nanti, turut dirangkai dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) dimana Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose didaulat sebagai Dewan Kehormatan Pengprov Shorinji Perkemi Bali.

Kemudian penyerahan piala bergilir Kapolda Cup kepada ketua steering committee yakni Kapolresta Denpasar, Kombes Pol Ruddi Setiawan dan penyerahan uang pembinaan kepada ketua panitia, Komang ‘Jeghier’ Suardika.(git)