FPTI Tabanan Siap Cetak Atlet Panjat Tebing Tangguh, Ini Alasannya…

Alexander Pangemanan

Tabanan, PERSPECTIVESNEWS – Pengurus Kabupaten Federasi Panjat Tebing Indonesia (Pengkab FPTI) Tabanan bertekad mencetak atlet panjat tebing yang tangguh dan berkualitas, yang siap mengharumkan nama daerah maupun Bali di ajang nasional.

Tekad tersebut muncul setelah Pemkab Tabanan melalui KONI Tabanan membangun wall atau lintasan panjat tebing di Lapangan Alit Saputra Dangin Carik, Tabanan untuk gelaran Porprov Bali XIV/2019 dimana Tabanan menjadi tuan rumah.

“Selama ini Tabanan memang minim atlet panjat tebing, karena memang keberadaan fasilitas atau tempat latihan yang memadai belum punya. Tentu ini berdampak dari keikutsertaan kami dalam event-event setingkat provinsi,” tegas Ketua Pengkab FPTI Tabanan, Alexander Pangemanan, Kamis (20/6/2019).

Menurutnya, dengan adanya wall di Lapangan Dangin Carik yang memenuhi standar nasional, maka nantinya atlet panjat tebing Tabanan akan lebih semangat berlatih menggunakan papan yang memenuhi standar.

Alex mengakui selama ini atletnya berlatih di wall yang kurang memenuhi standar seperti wall yang ada di Margarana dan Rindam, Kediri. Itupun latihan hanya dasar-dasarnya saja, bukan mengkhusus ke teknik sesuai dengan spesialis si atlet.

“Dampak dari tidak adanya fasilitas memadai itu pun mengarah juga ke persiapan menuju Porprov Bali 2019. Kami selaku tuan rumah hanya bisa mengirim enam orang atlet dan semua di bagian putra yang nantinya didampingi dua orang pelatih,” ujar Alex.

Pihaknya kembali menyampaikan terima kasih kepada Pemkab serta KONI Tabanan yang sudah membangun lintasan papan ini. Semoga ini menjadi tonggak berkembangnya cabor panjat tebing di Tabanan ke depan.

Belum lagi harapan dari Pengprov FPTI Bali. Dengan adanya lintasan yang sesuai standar, diharapkan Tabanan nantinya mampu menjadi tuan rumah atau penyelenggara dalam setiap event lokal Bali. Bahkan, tidak menutup kemungkinan bisa menggelar kejuaraan skala nasional. Apalagi, lokasi papan panjat sangat strategis dan sejuk, karena di sekitar lokasi banyak ditumbuhi pohon-pohon perindang.(git)