Siapkan Atlet Pra-PON, FOPI Bali Helat Seleksi Daerah Selama Dua Hari

0
142
Nyoman Yamadhiputra (FOTO: dok)

Tabanan, PERSPECTIVESNEWS – Pengprov Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Bali menggelar seleksi daerah (Selekda) untuk menentukan wakil Bali ke ajang Pra-PON petanque. Selekda dilakukan di Lapangan Debes Tabanan, selama dua hari mulai Sabtu (8/6/2019).

“Pra-PON petanque digelar di Jakarta pada 26 hingga 31 Agustus mendatang, jadi kami perlu menyiapkan tim yang memang benar-benar mampu diandalkan untuk lolos ke PON XX/2020 Papua,” ucap Ketua Umum FOPI Bali, Nyoman Yamadhiputra Sabtu (8/6/2019).

Dia mengatakan, Selekda yang diikuti 36 atlet itu bertujuan untuk menyeleksi atlet-atlet terbaik, dan  Selekda kali ini berbeda dengan sebelumnya. Menurutnya, ada tiga metode yang digunakan mengakomodir metode yang dipakai PB FOPI untuk menyeleksi atlet di Pelatnas SEA Games.

“Saat ini kita melakukan seleksi menggunakan tiga metode, yang pertama melalui pointing, kedua kita uji dengan shooting, dan ketiga kita seleksi mereka dengan metode games. Kita adu mereka di masing-masing nomor baik single, double maupun triple sehingga kita dapatkan yang terbaik,” paparnya.

Nyoman Yamadhiputra menjelaskan, pasca Selekda FOPI Bali juga harus menyusun taktik dan strategi sebelum mengirim atlet menuju Pra-PON. Hal itu penting dilakukan karena dalam Pra-PON nanti kuota atlet dibatasi tujuh putra, dan tujuh putri.

“Kita harus memasang strategi bagaimana caranya Bali bisa lolos di Pra-PON berhadapan dengan provinsi lain, kemudian kita juga mengatur komposisi yang bisa mengalahkan provinsi lain berdasarkan potensi yang kita miliki saat ini,” tegasnya.

Berbicara peluang lolos PON, kata Yamadhiputra terbuka lebar. Meski demikian lawan dari provinsi lain juga tidak dapat dianggap remeh seperti Jambi, dan DKI Jakarta yang dalam setiap event selalu mendominasi pertandingan.

Selain itu, sambungnya, tiket menuju PON Papua hanya tersedia bagi provinsi yang berhasil menempati rangking 1 hingga 7 saat Pra-PON nanti. Satu tiket sudah diamankan tuan rumah Papua, tinggal nanti dari 27 provinsi yang ikut Pra-PON harus memperebutkan enam tiket yang tersisa.(git)