Kabaharkam Polri Cek Arus Mudik Lebaran 2019 di Pelabuhan Gilimanuk

Kabaharkam Polri Komjen Condro Kirono melakukan pengecekan di Pelabuhan Gilimanuk saat arus mudik Lebaran 2019, Minggu (2/6/2019).

Jembrana, PERSPECTIVESNEWS- Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Condro Kirono mengecek situasi arus mudik Lebaran 2019 di Pelabuhan Penyebrangan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Minggu (2/6/2019).

Walaupun terjadi antrean begitu panjang, arus penyebrangan di Pelabuhan Gilimanuk menuju Pelabuhan Ketapang relatif lancar. Demikian pula pelayanan angkutan kapal penyebrangan cukup lancar dan aman tanpa hambatan berarti.

Saat melakukan pengecekan, Kabaharkam Polri Komjen Condro Kirono didampingi sejumlah pejabat Polda Bali antara lain Wakapolda Bali Brigjen I Wayan Sunartha, Dirlantas Polda Bali Kombespol A.A Made Sudana dan Irwasda Polda Bali Brigjen Wahyono.

Turut pula mendampingi Kapolres Jembrana AKBP Budi P.Saragih dan Kasat Lantas Polres Jembrana AKP Yoga Widiatmoko dan beberapa pejabat lainnya.

Kepada sejumlah wartawan usai pengecekan, Komjen Condro Kirono mengemukakan, dalam kunjungannya saat ini di Pelabuhan Penyebrangan Gilimanuk, pihaknya menyaksikan kegiatan penyebrangan cukup lancar dan aman kendati para pemudik mengantre, namun pergerakan kendaraan ke kapal cukup lancar tidak ada kendala. “Saya melihat lancar-lancar saja kok,” ucapnya singkat.

Selain itu pihaknya juga telah mencoba kapal penyebrangan terutama mengecek kesiapan para petugas terkait. Begitu juga dari sisi pengamanan kapal seperti fungsi pelampung serta fungsi alat-alat keselamatan lainnya.

“Saya telah mengecek ada 56 kapal penyebrangan yang siap melayani pemudik,” tutur Komjen Condro Kirono.

Bagaimana tentang cuaca? Masalah cuaca membuat dirinya agak was-was karena ombak saat ini memang kurang bersahabat, begitu juga angin berembus cukup kencang. Untuk jarak tempuh menurutnya juga cukup normal sekitar satu jam.

Disebutkan juga di daerah lain seperti di Juanda dan Surabaya ada penurunan para penumpang pesawat. “Saya rasa kapal laut merupakan salah satu pilihan masyarakat pemudik sebab saat ini harga tiket pesawat dipandang cukup mahal,” ujarnya.       (utu)