Peringatan Harlah Pancasila di Jembrana, Ini yang Diminta Bupati Artha

Peringatan Harlah Pancasila di Jembrana bertempat di Stadion Pecangakan, Sabtu (1/6/2019)

Jembrana, PERSPECTIVESNEWS- Pemkab Jembrana melaksanakan upacara peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila 2019 bertempat di Stadion Pecangakan Negara. Bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Apel adalah Bupati Jembrana I Putu Artha dan sebagai Komandan Upacara Kapten Inf. I Wayan Yudana yang merupakan Danramil 1617 – 01/Negara.

Turut hadir Wakil Bupati Made Kembang Hartawan, Anggota Forkopimda Jembrana, Sekda Made Sudiada, Kepala – Kepala OPD Pemkab Jembrana, Kepala Instansi Vertikal, Anggota TNI, Polri, ASN, siswa – siswi SMP dan SMA.

Bupati Artha menyampaikan, peringatan kali ini mengambil tema ‘Kita Indonesia Kita Pancasila’. Menurutnya, tema tersebut mengandung ajakan agar kita sadar bahwa kodrat Bangsa Indonesia adalah keberagaman.

“Pancasila telah menjadi inspirasi untuk merekatkan persatuan persatuan bangsa yang di dukung oleh semangat kebersamaan. Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk Indonesia. Itulah Bhinneka Tunggal Ika,” ucap Artha, Sabtu (1/6/2019).

Artha menyerukan dan mengajak peran aktif semua elemen mulai ulama, pendeta, pastor, biksu, pedanda, tokoh masyarakat, pendidik, pelaku seni dan budaya, pelaku media, jajaran birokrasi, TNI dan Polri, dan seluruh komponen masyarakat untuk tetap menjaga persatuan dalam keberagaman berdasarkan Pancasila.

“Pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara harus terus ditingkatkan,” imbuh Artha

Di akhir sambutannya Artha mengucapkan selamat memperingati Harlah Pancasila dan mendoakan semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu membimbing langkah kita dan senantiasa memberikan kekuatan lahir dan batin untuk melahirkan kembali nilai nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat. Tidak lupa pula, Bupati Artha mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H kepada umat muslim yang akan merayakannya beberapa hari lagi.   (utu)