Bupati Artha Bantu Warga Lumpuh di Tukadaya

0
206
Bupati Putu Artha saat menyerahkan bantuan kepada Gst Ketut Merta warga yang menderita lumpuh di Banjar Berawantangi Taman, Desa Tukadaya.

Tukadaya, PERSPECTIVESNEWS- Malang menimpa Gusti Ketut Merta saat pulang mengajar, ia tabrakan dengan sepeda motor dan mengalami benturan sehingga menyebabkan dia lumpuh sampai sekarang. Warga Banjar Brawantangi Taman, Desa Tukadaya, Kecamatan Melaya tersebut hanya mampu tergolek lemas di tempat tidurnya.

Mendengar salah warganya tertimpa musibah, Bupati Artha usai melaksanakan Apel Hari Lahirnya Pancasila langsung menjenguk sekaligus memberikan bantuan.

Gusti Ketut Merta dan anaknya  Gusti Rizki ditemui di Berawantangi Taman, Sabtu (1/6/2019) mengatakan, dulu mereka tinggal di perumahan Desa Panji, Singaraja.

Gusti Ketut Merta menjadi guru honor di salah satu sekolah swasta. Pada 31 Desember  2011 musibah menimpa Gusti Ketut Merta saat pulang mengajar, ia mengalami tabrakan dengan sepeda motor dan mengalami benturan sehingga menyebabkan dia lumpuh sampai sekarang. Karena kondisinya dan  faktor ekonomi membuat Gusti Ketut Merta berpisah dengan istrinya yang memberinya lima anak.

“Dan dua tahun yang lalu saya pindah dari Singaraja dan tinggal di rumah adik saya dan anak saya Rizki. Saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Bupati yang sudah hadir dan ikut peduli akan keadaan saya,” imbuh Gusti Merta yang sehari-harinya dirawat oleh anaknya Gusti Putu Rizki Pastika Jaya yang baru saja tamat SMP.

Bupati Artha pada kesempatan tersebut menghimbau agar aparat desa atau kelurahan lebih aktif mendata warga yang mengalami sakit sekaligus kurang mampu.

“Hal tersebut untuk mempermudah pemberian bantuan terhadap warga,” ujar Artha. Selain itu, kepada tim kesehatan dari Puskesmas atau Puskesdes agar mendata warga sakit lumpuh seperti Gusti Ketut Merta untuk dilakukan pemeriksaan rutin minimal sebulan sekali.

Pada kesempatan itu Bupati Artha memberikan bantuan sembako, peralatan sekolah, makanan dan uang tunai pribadi. Bupati Artha juga memfasilitasi anak Gusti Ketut Merta yang baru tamat SMP untuk melanjutkan ke SMK. “Nanti kita fasilitasi anaknya untuk mendapatkan pendidikan di SMK. Nantinya disesuaikan dengan keinginannya, yang terpenting ia juga bisa sekaligus merawat orang tuanya,” demikian  Artha.    (utu)