Hobi Masak, Kini Nyoman Subadi Jadi Pemilik Tiga Usaha Kuliner di Canggu

0
160
Nyoman Subadi

Umur belasan, Nyoman Subadi bukanlah siapa-siapa, hanya seorang pelajar di salah satu Sekolah Kejuruan di Denpasar. Tidak melanjutkan pendidikannya ke tingkat lebih tinggi karena kondisi ekonomi keluarga yang kurang. Siapa sangka kini sosok terampil, ulet dan pekerja keras itu menjadi salah satu pengusaha pizza cukup terkenal di Canggu, Bali.

Mengaku menimba pengalaman menjadi chef di Jepang, ayah  4 anak ini tekun mengumpulkan modal yang dikemudian hari dijadikannya bekal membuka usaha kuliner yang menjadikan pizza sebagai menu andalan.

Mengapa?, menurutnya pizza adalah makanan yang mudah cara membuatnya, sederhana prosesnya dan disukai banyak kalangan, dari anak, remaja, dewasa hingga orang tua, dari tamu domestik hingga mancanegara.

Setelah dirasakan cukup memiliki pengalaman, Subadi memutuskan membuka usaha kuliner pada 2011 lalu. Usaha pertamanya dirintis di kampung halamannya kawasan wisata Canggu. Merangkap sebagai delivery pizza, disitulah Subadi bisa merasakan langsung bahwa pizza buatannya mendapat respon sangat baik.

“Dari awal pemesanan pizza yang tak begitu banyak, ternyata seiring berjalannya waktu, kami kewalahan melayani pesanan. Akhirnya saya memutuskan untuk membuka tempat makan dengan konsep garden/kebun,” ungkapnya di Canggu, Rabu (29/5/2019).

Tempat makan itu diberi nama Garden Canggu by Pizza House yang terletak di kawasan strategis dan berdiri di atas lahan 10 are. Kawasan wisata Canggu yang terkenal dengan backpacker dan digital nomad, menjadi kilas balik keberuntungannya.

Apa yang istimewa dari pizza khas Garden Canggu?. Menurut Subadi, terletak pada bahan baku fresh dan dari tekstur pizza yang tipis dan renyah. “Pizza yang tipis dan renyah lebih disukai tamu,” katanya.

Setiap 1 loyang pizza berukuran diameter 30 cm, dibandrol dengan harga Rp 90 ribuan. Ada 38 varian pizza yang disajikan. Para tamu tinggal memesannya sesuai di daftar menu.

Yang menambah betah para pecinta pizza adalah tempatnya yang dikelilingi sawah seolah ada dalam satu perkampungan. Nyaman, teduh dan membuat kerasan siapapun yang singgah di Garden Pizza Canggu.

Kini, Subadi boleh berbangga. Usahanya berkembang pesat menjadi 3 usaha tempat makan. Selain Garden Canggu by Pizza House ada Cabe Bali Sea Side View dan Island Beach Bar. Ketiganya berada dalam satu manajemen Pizza House Group.

Ketiga restoran itu memiliki ciri khas masing-masing. Cabe Bali Sea Side View menyediakan healthy cuisine dan green seafood. Sedangkan Island Beach Bar, seperti namanya, memberikan sajian bar dan live music. Namun, semuanya tetap menyajikan menu utama pizza yang menjadi ciri khasnya.

Daklam waktu dekat, Subadi juga akan melaunching usaha kuliner barunya dengan menu masakan khas Jepang. Namanya Sushi Kami. Bravo Mr. Subadi…..(ari)