Bupati Artha Jadi Irup Harkitnas ‘Bangkit Untuk Bersatu’ di Jembrana

Bupati Jembrana Putu Artha saat menjadi Irup peringatan Harkitnas di Jembrana.

Jembrana, PERSPECTIVESNEWS- Bupati Jembrana I Putu Artha bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke- 111 yang dilaksanakan dalam bentuk apel bendera dipusatkan di Stadion Pecangakan, Negara.

Dalam Apel yang turut dihadiri Wabup Made Kembang Hartawan, anggota Forkopimda Jembrana, Sekda Made Sudiada, Kepala OPD Pemkab Jembrana, Kepala Instansi Vertikal, anggota TNI, Polri, ASN, siswa – siswi SMP dan SMA itu bertindak selaku Komandan Upacara Kapten Inf. I Wayan Yudana yang merupakan Danramil 1617 – 01/Negara.

Pada peringatan yang mengambil tema ‘Bangkit Untuk Bersatu’ itu,  Bupati Artha menegaskan bahwa tema tersebut mengandung makna bahwa semangat persatuan dan kesatuan dalam keanekaragaman serta saling menghargai perbedaan suku, agama dan ras yang telah diwariskan oleh para pahlawan pejuang kemerdekaan kita.

“Hendaknya selalu dapat dijadikan sebagai panduan langkah kita ke depan sekaligus sebagai renungan dan evaluasi sejauh mana nilai – nilai tersebut telah diterapkan di kehidupan masyarakat di dalam pelaksanaan pemerataan pembangunan Indonesia dalam bingkai NKRI” kata Artha.

Bupati Artha mengajak agar momen Kebangkitan Nasional ke- 111 sebagai momentum untuk instropeksi diri serta cambuk pemicu kebangkitan mental masyarakat dan Bangsa Indonesia dalam upaya kerja nyata meningkatkan kualitas SDM menuju bangsa yang besar demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat, khususnya juga masyarakat Kabupaten Jembrana.

“Terlebih saat ini kita berada dalam situasi pasca pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian masyarakat. Hajatan demokrasi tersebut tidak dapat dipungkiri telah mengoyak banyak sendi-sendi vital sebagai anak bangsa. Pemicunya adalah ketidak dewasaan berdemokrasi dan pengesampingan semangat persatuan demi tujuan sesaat,” ungkap Artha.

Artha mendoakan semoga peringatan Harkitnas kali ini dapat memperbaharui semangat untuk benar-benar bangkit dan kembali bersatu dari kerenggangan perbedaan pendapat, dengan memikirkan kepentingan yang lebih luas lagi bagi anak cucu bangsa ini yaitu persatuan Indonesia.

“Akhir kata saya ucapkan Dirgahayu Kebangkitan Nasional ke- 111, semoga Ida Shang Hyang Widhi Wasa selalu membimbing langkah kita dan senantiasa memberikan kekuatan lahir dan batin untuk bangkit membangun bersama dalam kerangka NKRI yang adil dan sejahtera. Tak lupa saya sampaikan selamat menunaikan ibadah puasa kepada saudara – saudara kami umat Muslim, semoga berkah bulan Ramadhan yang suci dan penuh ampunan ini,” pungkas Artha.   (ADV)