Kegiatan Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik Dipusatkan di Pura Rambutsiwi

0
183
Bupati Jembrana Putu Artha bersama jajaran OPD melakukan kegiatan Bali Resik Sampah Plastik di Pura Rambutsiwi hari Minggu (19/5/2019)

Jembrana, PERSPECTIVESNEWS – Hari Minggu (19/5/2019) pagi Pemkab Jembrana melaksanakan Kegiatan Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik bertempat di areal Pura dan Pantai Rambut Siwi, Kecamatan Mendoyo.

Kegiatan yang digagas Gubernur Bali Wayan Koster serentak di seluruh Bali ini dihadiri Bupati Jembrana I Putu Artha, Wabup Made Kembang Hartawan, anggota Forkopimda Jembrana, para Kepala OPD Pemkab, ASN Pemkab, TNI, Polri, siswa-siswi SD SMP dan SMA. Dalam kegiatan tersebut tidak hanya sampah plastik yang menjadi sasaran, namun juga sampah organik.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jembrana, I Wayan Sudiarta mengatakan di areal Pantai dan Pura Rambut Siwi berhasil dikumpulkan 30,5 kg sampah plastik dan 4 ton sampah organik. Sedangkan untuk total keseluruhan Kabupaten Jembrana dalam rangka kegiatan yang sama berhasil mengumpulkan 7 ton sampah plastik dari 5 kecamatan.

“Nantinya sampah tersebut akan diangkut menuju TPA Peh Kaliakah untuk nantinya dipres supaya volumenya berkurang,” ujar Sudiarta.

Bupati Artha mengucapkan terima kasih atas keterlibatan semua pihak dalam Kegiatan Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik.

“Dalam kegiatan ini kami menginstruksikan berbagai instansi untuk ikut terlibat. Dan dapat kita lihat bersama antusias peserta sangat baik. Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah terlibat dalam kegiatan Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik ini, ” ujar Artha.

Sedangkan untuk mengurangi volume sampah plastik di Jembrana, Artha mengimbau agar masyarakat memulai pemilahan sampah plastik di rumah tangga.

“Saya berharap dalam penanganan sampah palstik ini agar masyarakat juga ikut dengan cara memilah sampah di rumah tangga. Memilah sampah organik dan nonorganik,” imbuh Artha. (ADV)