Penalti Kontroversial Benamkan Asa Bali United di Piala Indonesia

0
155
Bali United gagal ke semifinal Piala Indonesia usai dikalahkan Persija 1-0, Minggu sore (5/5/2019) di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur.

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS – Gol semata wayang yang dilesakkan penggawa Persija Jakarta Ismed Sofyan melalui titik penalti pada menit ke-57 mengubur harapan Bali United melangkah ke babak semifinal Piala Indonesia.

Bertanding di Stadion Wibawa Mukti Cikarang Timur, Minggu (5/5/2019), Bali United yang mengantongi keunggulan agregat 2-1 hasil laga leg 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, tampil menekan.

Begitu wasit Handri Kristanto dari Semarang meniup peluit kickoff, Serdadu Tridatu yang dikapteni Stefano Lilipaly langsung menggempur pertahanan Macan Kemayoran.

Seperti disaksikan dari layar kaca salah satu stasiun televisi swasta, Peluang demi peluang pun tercipta melalui kaki anak-anak Bali United. Namun sayang dari sekian peluang gagal dikonversi menjadi gol.

Di kubu Persija, tim besutan Ivan Kolev yang gagal di Piala AFF ini tak kalah sengitnya menekan pertahanan lawan. Silih serang pun disuguhkan oleh kedua tim, dan hingga jeda laga kedudukan imbang tanpa gol.

Babak II, masing-masing tim tidak juga mengendurkan tekanan. Trio Bali United Irfan Bachdim, Stefano Lilipaly dan Yabes Roni terus menerus melalui bola-bola menyilang kerap merepotkan lini bertahan Persija.

Namun di menit ke-57, petaka bagi kubu besutan mantan pelatih Persija Stefano “Teco” Cugurra. Saat pemain mungil Rico Simanjuntak menggiring bola di daerah terlarang Bali United, ia “dijatuhkan” Andika.

Meski dalam tayangan ulang jatuhnya Rico bukan oleh pelanggaran Andika dan sapuan bola oleh Andika sangat-sangat bersih, namun wasit Handri menunjuk titik putih.

Pemain gaek Ismed Sofyan yang bertindak sebagai algojo menunaikan tugasnya dengan baik, bola dilontarkan jauh di kiri atas kiper Hendrawan, dan mengubah kedudukan menjadi 1-0.

Gol dari titik putih penuh kontroversial itu merupakan satu-satunya gol di laga perempat final Piala Indonesia leg 2 Persija vs Bali United. Meski total agregat kedua tim berbagi angka 2-2, namun Persija lebih produktif di kandang lawan, dan lolos ke babak semifinal.

Pelatih Bali United Stefano Cugurra usai laga mengatakan permainan Bali United sangat bagus meski akhirnya harus menyerah dari tuan rumah Persija melalui titik putih.  Kekalahan ini sangat menyakitkan karena penalti yang tidak semestinya diberikan wasit.

Sebaliknya pelatih Persija Ivan Kolev menyatakan bersyukur timnya bisa mengatasi tim tamu meski dengan satu gol namun sudah mampu mengantarkan Tim Macan Kemayoran ke babak semifinal Piala Indonesia.(git)