Bupati Artha Jadi Irup di Upacara Bendera Hardiknas di Jembrana

Bupati Artha menyerahkan penghargaan kepada guru dan kepala sekolah saat peringatan Hardiknas, Kamis (2/5/2019).

Jembrana, PERSPECTIVESNEWS- Bupati Jembrana I Putu Artha menghadiri upacara pengibaran bendera Merah Putih dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2019. Bupati Artha sekaligus menjadi inspektur upacara (Irup), di Lapangan Pecangakan Jembrana, Kamis (2/5/2019).

Apel melibatkan ratusan siswa SD, SMP dan SMA di Jembrana, unsur ASN, serta TNI/Polri. Turut hadir lengkap Forum Komunikasi Pimpinan Daerah serta anggota DPRD Kabupaten Jembrana.

Peringatan Hardiknas tahun ini mengambil tema “Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia yang Lebih Baik Melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Kreatif dan Inovatif”.

Tema ini mengandung makna implementasi otonomi daerah yang bertujuan mewujudkan kesejahteraan rakyat didasarkan atas aspek kelembagaan, bukan atas kehendak seseorang atau kelompok tertentu sehingga setiap langkah penyelenggaraan otonomi daerah diharapkan mampu  mewujudkan kemandirian, kemajuan dan kesejahteraan daerah.

Melalui peringatan Hardiknas tahun ini, Bupati Artha membacakan sambutan Mendikbud Muhadjir Effendy dan berharap  ke depan, pendidikan dan revolusi mental bisa benar-benar terealisasi dengan baik termasuk menyikapi kemajuan teknologi informasi yang pesat dan mudahnya akses jaringan internet yang dikhawatirkan berdampak negatif bagi tumbuh kembang anak-anak.

“Hal itu perlu mendapat pengawasan kita bersama sehingga generasi muda penerus bangsa serta masyarakat kita siap dan mampu bertahan dengan kemajuan tanpa meninggalkan etika dan moral dalam Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara,”  ujar Artha melanjutkan.

Muhadjir, kata Artha, minta semua sekolah dan tempat pendidikan dapat memanfaatkan teknologi sebaik mungkin. Dia meminta para guru bisa menerapkan pendidikan berbasis teknologi tanpa melupakan budaya Indonesia.

Mengakhiri sambutan Mendikbud, Bupati Artha juga berterimakasih dan memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh komponen masyarakat Jembrana dan segenap aparat yang telah mendukung terselenggaranya Pemilu serentak pada tanggal 17 April 2019 lalu sehingga Pemilu berjalan lancar, tertib, aman, serta damai. 

Paska Pemilu diharapkan agar senantiasa kembali menjaga situasi/suasana yang kondusif di masyarakat sehingga pelayanan publik dan aktivitas pemerintahan terselenggara dengan aman, lancar dan terkendali.

Penyerahan Hadiah

HUT Hardiknas di Jembrana juga diisi dengan penyerahan pemenang serangkaian Expo Pendidikan Olahraga tahun 2019. Lomba tingkat SD juara umum I diraih Kecamatan Negara, juara II Kecamatan Jembrana sementara juara III Kecamatan Mendoyo.

Untuk tingkat SMP/MTS, diberikan kepada Kecamatan Negara sebagai juara I, juara II Kecamatan Melaya dan juara III Kecamatan Mendoyo. Untuk tingkat SMA, SMK, MA, juara I diserahkan kepada SMAN 2 Negara, juara II MAN 1 Jembrana dan III diraih SMAN 1 Negara.

Sedangkan untuk guru dan kepala sekolah berprestasi tingkat SD dan SMP, peringkat I (pertama) diberikan kepada Desak Made Ambari, guru dari SDN 1 Dangin Tukadaya dan Yulia Nur Yanti, guru dari SMPN 1 Negara, sementara kepala sekolah berprestasi diraih I Made Mertayasa, Kepsek SDN 5 BB Agung memperoleh peringkat 1 (pertama) untuk tingkat SMP sementara Kepsek SMP berprestasi diraih I Wayan Diadnya, Kepsek SMPN 6 Negara.   (ADV)