105 Kenshi dari Seluruh Bali Ikuti Gashuku

Para penguji ujian kenaikan tingkat (gashuku) shorinji kempo Bali, yang berlangsung dua hari dan berakhir Minggu (28/4/2019) di GOR Ngurah Rai Denpasar

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS – Gashuku (ujian kenaikan tingkat) Shorinji Kempo Bali 2019 melibatkan 105 kenshi putra dan putri Bali yang digelar di GOR Ngurah Rai Denpasar dan berakhir Minggu (28/4/2019). Semua kenshi yang ambil bagian itu mengejar sabuk kyu I DAN I.

“Dari jumlah 105 kenshi itu terbagi dari 75 kenshi ujian ke kyu I sabuk cokelat dan sisanya 30 kenshi ujian ke DAN I. Animo peserta juga sangat besar. Apalagi ini juga merupakan persyaratan untuk bisa ikut Porprov Bali XIV/2019 di Tabanan, September mendatang. Karena memang untuk memenuni standar minimal kyu I untuk embu dan kyu II untuk randori di Porprov Bali nantinya,” kata Wakil Ketua Umum Pengprov Perkemi Bali, Fredrik Billy usai gashuku.

Dengan semua itu maka daerah-daerah yang memiliki kenshi tapi dari sabuk masih belum memenuhi persyaratan turun di Porprov Bali, maka momen inilah digunakan. Dalam gashuku itu selain ujian kenaikan tingkat juga penyeragaman teknik. Tujuannya, kenshi bersabuk kyu I itu bisa diproyeksikan menjadi asisten pelatih di dojo dan DAN I menjadi pelatih.

“Paling tidak selain mental melatihnya juga diberikan, tekniknya juga harus seragam untuk bisa diturunkan kepada para kenshinya di dojo. Bagaimana seorang asisten pelatih dan pelatih dalam memberikan ilmu di dojo juga bagian polesan di gashuku itu. Apalagi semua itu terkait juga dengan teknik dasar dan teknik embu kumi yang wajib mereka ikuti,” tegas pria yang juga Bidang Hukum dan Etika KONI Bali itu.

Sebelum diuji latihan teknik dalam gashuku itu disebutkannya, juga ada ujian teori yang terkait dengan filosofi bagaimana tujuannya melatih dan filosof kempo. Sehingga antara kekuatan dan kasih sayang menjadi motto di kempo itu bisa seimbang.

“Kekuatan tanpa kasih sayang adalah kezaliman dan kasih sayang tanpa kekuatan itu adalah kelemahan. Motto ini harus diseimbangkan terus,” tutup Fredrik Billy.(git)