KPU Jembrana Targetkan Partisipasi Pemilih Capai 80 Persen

0
229
Made Widiastra

Jembrana, PERSPECTIVESNEWS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jembrana menargetkan jumlah partisipasi pemilih di daerah ini pada Pemilu 17 April 2019 mecapai 80 persen.

Komisioner KPU Kabupaten Jembrana Divisi Sosialisasi, Made Widiastra menyebut berdasarkan DPTHP-3 jumlah pemilih di Jembrana sebanyak 235.284 orang. “Target 80 persen itu sangat realistis karena secara nasional targetnya 77,5 persen,” imbuhnya.

Disebutkan, kini KPU Jembrana sudah siap melaksanakan Pemilu, dan  tahapan menuju pencoblosan juga telah siap termasuk pemetaan TPS.

Untuk tiap TPS, KPU menginstruksikan agar dipersiapkan dengan matang termasuk fasilitas listrik atau lampu penerangan yang memadai. Karena dipastikan pada saat proses penghitungan suara akan sampai larut malam bahkan sampai subuh. “Sudah kami instruksikan untuk melengkapi semua,” ujar Made Widiastra.

Berdasarkan pengalaman saat simulasi di Desa Budeng, diakui Widiastra, masih ada beberapa kendala. Hasil simulasi tersebut dijadikan acuan bagi KPPS untuk melakukan evaluasi mulai dari proses pencoblosan hingga penghitungan suara.

Pada saat simulasi, dari jumlah pemilih 273 orang yang hadir sekitar 217 orang dan penghitungan selesai pukul 23.30 Wita. “Tentu hal itu patut dijadikan acuan karena masing-masing TPS nantinya kurang lebih akan membutuhkan waktu serupa,” ungkap Made Widiastra sambil menambahkan di Jembrana terdapat 876 TPS.

Dari jumlah TPS tersebut semuanya tidak dilengkapi dengan tempat penyimpanan kotak suara sehingga pengantaran dimungkinkan dilakukan pada hari H.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Jembrana I Ketut Gde Tangkas Sudiantara berharap selain Pemilu berjalan damai, tingkat partisipasi pemilih mencapai target.(utu)