Gubernur Koster Launching Akses Wifi Gratis, Tahun 2019 Jembrana Dapat 89 Titik

0
215
Gubernur Bali Wayan Koster didampingi Bupati Jembrana Putu Artha saat launching akses Wifi gratis bertempat di Wantilan Desa Pakraman, Dauhwaru Jembrana, Rabu (10/4)

Jembrana, PERSPECTIVESNEWS – Gubernur Bali Wayan Koster  melaunching Access Free Wifi menuju Bali Smart Island  untuk seluruh masyarakat Bali, di Wantilan Desa Pekraman Dauh Waru, Kabupaten Jembrana, Rabu (10/4/2019) ditandai penyalaan sirine oleh Gubernur Koster didampingi Bupati Jembrana I Putu Artha dan Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan.

Turut hadir Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistika Provinsi Bali Nyoman Sujaya, Pimpinan OPD di lingkup Pemkab Jembrana serta ribuan masyarakat. Pelaksanaan launching wifi gratis juga dibarengi dengan kegiatan pasar murah dan pengobatan gratis bagi masyarakat.

Gubernur Wayan Koster mengatakan, ketersediaan infrastruktur informasi ini merupakan langkah awal dalam mewujudkan Bali Smart Island. Akses wifi gratis diharapkan dapat menyentuh seluruh komponen masyarakat sehingga melalui pemerataan akses informasi dapat mendorong upaya mewujudkan pembangunan berkeadilan bagi seluruh masyarakat Bali.

“Dengan adanya akses wifi gratis ini saya harapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk peningkatan perekonomian, kepariwisataan, memperkuat budaya, kesehatan dan pengetahuan sesuai dengan potensi lokal dan wawasan global yang dimiliki. Wifi gratis ini sekaligus sebagai momentum memulai kreativitas dan inovasi dalam dinamika perubahan yang begitu cepat namun tetap tidak melupakan akar budaya Bali sebagai spirit dalam mewujudkan Krama Bali Sejahtera,” ujar Gubernur Koster yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Bali ini.

Sementara Bupati Jembrana I Putu Artha menyambut baik dan mendukung dengan adanya program wifi gratis Bali Smart Island.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih karena program tersebut dapat dilaksanakan di Kabupaten Jembrana. Kami yakin program ini dapat mengurangi kesenjangan digital masyarakat Bali khususnya di Jembrana. Selain itu dengan pemerataan infrastruktur telekomunikasi dan akses internet, ke depannya dapat meningkatkan kualitas SDM krama Bali terutama yang ada di pedesaan,” ujar Artha.

Disebutkan pula, demi optimalisasi pemanfaatannya, Pemkab Jembrana meminta kepada masyarakat dan jajaran pemerintah agar program wifi gratis ini benar-benar dapat digunakan dan disosialisasikan dengan baik, sehingga akan berdampak positif terhadap pemberdayaan masyarakat serta peningkatan kapasitas SDM.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistika Provinsi Bali Nyoman Sujaya mengatakan, Pemprov Bali menargetkan pemasangan wifi gratis sebanyak 1.825 Acces Point (AP). Lokasi penempatan akses poin tersebut meliputi 1.371 AP dipasang di wantilan desa adat, sejumlah, 107 akses poin di Puskesmas, 203 AP di objek wisata, 132 AP di SMA/SMK/SLB, 12 AP di publik area.

Layanan wifi gratis telah dimulai pada tahun 2018 di 311 titik dari pemasangangan AP yang dicanangkan sebanyak 118 titik lokasi. Pemasangan wifi dilakukan secara bertahap dengan target sebanyak 4.157 AP telah terpasang di seluruh Bali pada tahun 2020.

“Untuk Kabupaten Jembrana tahun 2018 sebanyak 25 AP tahun 2019 sebanyak 89 AP, sedangkan untuk tahun 2020 diperkirakan penambahannya sebanyak 209 atau menjadi 298 AP,” demikian Sujaya.(utu)