IK. Suadnyana: ’Hubungan Humas dengan Media harus Klik’

Menjalin hubungan yang harmonis antara Humas dengan jajaran media adalah keharusan. Bagi I Ketut Suadnyana, S.Pd, M.Si, hal itu sudah dilakoninya selama hampir dua (2) tahun) semenjak dirinya dilantik sebagai Kabag Humas Setda Klungkung pada Mei 2017 lalu.

Tidak ada hal atau kendala yang berarti selama ini. “Itu karena hubungan kami sudah klik. Sudah ada semacam chemistry diantara kita,” ujarnya saat ditanya upayanya menjalin hubungan harmonis dengan media selama ini.

Mempertahankan memang lebih sulit, kalimat itu diyakini pria kelahiran tahun 1965 ini sebagai hal lumrah yang justru memotivasinya untuk terus bekerja baik. “Dalam pekerjaan pasti ada kendala. Tapi kita harus bisa mengemasnya dengan baik dan bijaksana. Kalau ada pemberitaan negatif, kita harus lakukan cek (verifikasi dan klarifikasi) dengan medianya (wartawan dan pimpinan redaksi) agar tidak terjadi kesalahpahaman di penerbitan berikutnya,” kata pria bijak kelahiran Karangasem ini.

Pendekatan personal adalah cara humanis yang ditempuh Suadnyana dalam menyamakan persepsi dengan media mengingat tanggung jawab yang diamanahkan kepadanya sungguh besar yakni melayani masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Klungkung, sekaligus menginformasikannya dalam publikasi berita.

Menuntaskan kerja nyata Bupati dalam melayani masyarakat, diakuinya membutuhkan totalitas (segenap hati dan tulus). Ayah tiga (3) anak ini mengakui tanggung jawab dan kepercayaan yang diamanahkan kepadanya, membuatnya harus sanggup bekerja full time.

“Jabatan itu amanah. Saya tidak ingin hasil kerja mengecewakan harapan Bpk Bupati. Saya tahu beliau (Bupati Klungkung –red) orang yang tuntas dalam bekerja, tidak setengah-setengah dan tidak suka menunda. Ini yang membuat saya harus mampu menyesuaikan irama kerja dengan Pak Bupati,” ujarnya.

Suadnyana mengaku nge-fans dengan Bupati Klugkung I Nyoman Suwirta. Kesannya terhadap orang nomor satu di Bumi Serombotan itu karena penampilannya yang kalem dan santun tetapi punya jiwa kerja yang total dan tuntas. ”Saya mengagumi beliau dan tidak ingin mengecewakan,” akunya.

Mantan Guru Ilmu Kimia di SMAN 2 Poso, Sulawesi Tengah ini adalah lulusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unud Jurusan Kimia tahun 1997. Berbekal ilmu dan pengalamannya, Suadnyana diangkat sebagai Kabid Dikdas di Dinas Pendidikan Klungkung dan sejak Mei 2017 itulah dirinya menjadi perpanjangan tangan Bupati sebagai Kabag Humas. (ari)