Saat hadiri HPN, Bupati Suwirta Sebut Interaksi Pers-Pemkab Klungkung Sangat Positif

0
218
Bupati Klungkung Nyoman Suwirta menerima piagam penghargaan dari Ketua PWI Bali IGMB Dwikora Putra

Klungkung, PERSPECTIVESNEWS – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta  didampingi Wakil Bupati I Made Kasta menghadiri peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 tingkat Provinsi Bali di Balai Budaya Ida I Dewa Agung Istri Kanya Kabupaten Klungkung, Jumat (29/3/2019).

Bupati Suwirta menyampaikan, pers sangat berperan dalam pembangunan di Kabupaten Klungkung, karena membantu menginformasikan apa yang dikerjakan Pemkab Klungkung hingga ke pelosok-pelosok.

Bupati Suwirta berharap PWI Bali dapat terus menciptakan wartawan dengan kinerja profesional, dan tetap berpedoman kepada kode etik wartawan serta dapat meningkatkan kerja sama lebih baik lagi antara wartawan dengan pemerintahan.

“Mudah-mudahan pers ke depan bisa lebih profesional, interaktif, dan bisa memberikan informasi positif ke masyarakat,” harap Suwirta.

Sementara Ketua PWI Bali IGMB Dwikora Putra menyatakan,  dalam memperingati HPN di Bali, pihaknya telah menggelar berbagai kegiatan, seperti pertandingan futsal yang diadkaan pada 15 Februari 2019, mengadakan kegiatan peningkatan kompetensi wartawan yang dirangkai dengan Uji Kompetensi Wartawan (UKW), dan mengunjungi panti asuhan Semara Putra di Klungkung.

“Wartawan harus mempunyai sertifikasi kompetensi dengan mengikuti uji kompetensi agar dapat melahirkan karya-karya jurnalistik yang dapat mencerdaskan dan mengedukasi masyarakat Indonesia, dan dapat memberikan kontribusi yang bersifat positif bagi pembangunan di daerah,” ujar IGMB Dwikora Putra.

Ia juga mengatakan peringatan HPN untuk Provinsi Bali dilaksanakan bergiliran di kabupaten/kota se-Bali dengan maksud agar interaksi pers dan pemerintah setempat tetap terjalin positif. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Klungkung, karena sudah bersedia menjadi tuan rumah dalam menyelenggarakan HPN 2019 tingkat Provinsi Bali.

Gubernur Bali, I Wayan Koster dalam sambutan dibacakan Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Dewa Made Indra mengucapkan selamat dan mengapresiasi setinggi-tingginya kepada PWI atas terselenggaranya HPN 2019, semoga melalui peringatan ini, pers tetap menjadi sumber inspirasi dan pencerahan bagi masyarakat Indonesia khususnya Bali. 

Media massa, kata Gubernur, harus semakin meningkatkan perannya dalam hal melakukan edukasi dan literasi kepada masyarakat. Untuk itu, Pemprov Bali, mulai tahun ini dan ke depan akan terus memperluas akses masyarakat untuk mendapatkan informasi melalui pemasangan wifi di desa pekraman, objek wisata, sekolah-sekolah, dan di rumah sakit serta tempat-tempat publik lainnya.

Dengan begitu, lanjut Gubernur, diharapkan ke depan masyarakat Bali dapat mewujudkan cita-cita menjadi Bali Smart Island. Pemasangan wifi ini bukan hanya merupakan keadilan sosial dalam bidang ekonomi, tetapi keadilan sosial dalam mendapatkan akses informasi. Semakin tipis jarak memperoleh informasi, maka ruang dialog, ruang penyampaian aspirasi akan semakin terbuka dan dapat memperpendek jarak dari pemerintahan dengan masyarakat.(ari)