Pergatsi Bali dan BBPJN VIII Surabaya Helat Open Bali Tournament Gateball

Ketut Darmawahana (kanan) saat membuka turnamen

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS – Pengprov Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Bali menggandeng Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII Surabaya menggelar Open Bali Tournament Gateball.

Turnamen yang digelar di Taman Jepun Denpasar ini diikuti 512 peserta dari 22 provinsi di Indonesia, dan dibuka Kepala BBPJN VIII Surabaya, Ketut Darmawahana, Sabtu (23/3/2019). Turnamen mempertandingkan tiga nomor, yakni double campuran, triple campuran dan beregu campuran.

“Kami melihat potensi cabang olahraga ini begitu besar untuk berkembang di seluruh Tanah Air, karenanya begitu Pergatsi Bali berkoordinasi dengan kami untuk menggelar kejuaraan ini, kami langsung sambut dengan gembira,” ujar Ketut Darmawahana seusai pembukaan turnamen.

Meski BBPJN berkantor pusat di Surabaya, kata dia, wilayah kerjanya meliputi juga Bali dan Nusa Tenggara. Ketut Darmawahana menambahkan, untuk menggali potensi atlet gateball di Bali dan Nusa Tenggara, pihaknya siap menjadikan event ini sebagai agenda tahunan.

“Ya, perlu saya kira diagendakan menggelar kejuaraan semacam ini setiap tahun, karena selain menggali potensi juga ajang ini menjadi momentum kebersamaan,” kata dia.

Dikatannya, dengan diikuti 512 atlet gateball dari 22 provinsi di Indonesia, maka event ini sangat potensial untuk terus dikembangkan keberadaannya dengan nomor yang dipertandingkan lebih banyak lagi dan waktu gelaran lebih lama.

“Saya tidak bisa membayangkan 512 peserta mengikuti kejuaraan atau turnamen ini, dan mereka datang dari 22 provinsi di Indonesia. Tidak saja kebersamaan, tetapi mampu menggerakkan roda perekonomian daerah,” pungkasnya.(git)