Atlet Panjat Tebing Putri Bali Bakal Berlaga di Sejumlah Kejuaraan Dunia

0
195
Putu Yudi Atmika (FOTO: Perspectivesnews.com/Sigit)

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS – Atlet panjat tebing putri Bali Nadya Putri Virgita  bakal melanglang buana setelah oleh Pengprov Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Bali ia dipersiapkan mengikuti lima kejuaraan dunia panjat tebing putri, yang bakal digelar di lima negara berbeda selama tahun 2019.

Ketua Umum Pengprov FPTI Bali, Putu Yudi Atmika mengatakan, Nadya dipersiapkan di kejuaraan dunia itu setelah mengikuti simulasi panjat tebing, yang digelar pelatnas di bawah Kemenpora baru-baru ini.

Hanya saja, kata Yudi Atmika, Nadya tetap bukan atlet penghuni pelatnas. “Kalau penghuni pelatnas tetap Temi Telilasa dan Rizaldi Ode Wijaya saja. Sedangkan Nadya dipersiapkan untuk 5 kejuaraan dunia itu diluar pelatnas, melainkan di bawah Kemenpora langsung,” imbuh Yudi Atmika, Sabtu 9 Maret 2019 di Denpasar.

Lima kejuaraan dunia tersebut diutarakannya, digelar di Swiss pada 5 – 6 April, di Rusia 12 – 14 April, di China pada 26 – 28 April dan kembali di China 3 – 5 Mei, serta terakhir digelar di Jerman 18 – 19 Mei mendatang.

“Tapi Nadya dipersiapkan ke lima kejuaraan dunia itu tak dibiayai oleh Kemenpora melainkan diserahkan pembiayaannya ke daerah dalam hal ini Bali. Jadi kalau Bali dalam hal ini Pemprov Bali membiayai Nadya, maka Nadya mampu mengikuti semua kejuaraan dunia tersebut,” tambah Yudi Atmika.

Pria yang juga Wakil Sekretaris I KONI Bali itu mengatakan Nadya seandainya nanti dibiayai Bali, namun di 5 kejuaraan dunia itu tetap akan membawa nama Indonesia. Pasalnya event itu sudah berskala internasional.

Ini sebenarnya kesempatan bagus bagi Nadya untuk terus mengejar prestasi dan menajamkan kualitasnya, sebagai bagian dari persiapan menghadapi Pra-PON maupun PON XX/2020 di papua mendatang.

“Apalagi Nadya kami target untuk membawa pulang medali emas di PON Papua nantinya, bersama target 2 emas lainnya dari Temi Telilasa dan Rizaldi Ode Wijaya. Namun jika tidak ada bantuan pembiayaan ke Nadya, maka kemungkinan besar Nadya bakal absen di event itu. Nadya sekarang ini dalam kondisi bagus dan selalu mengasah kualitas teknik dan fisiknya. Di kejuaraan dunia juga dirinya bisa mengukur sejauh mana perkembangan kualitasnya dibandingkan rival dari negara lain,” demikian Yudi Atmika.(git)