Cabor Senam Menjadi Ladang Baru KONI Denpasar Mendulang Medali Emas Porprov

Sekum KONI Denpasar, I Made Erwin Suryadarma menyerahkan hadiah kepada juara senam.

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS – Cabang olahraga senam dipastikan menjadi ladang baru bagi KONI Denpasar dalam mengisi pundi-pundi emasnya pada Porprov Bali XIV/2019 Tabanan, September mendatang. Cabor ini sempat menghilang di Porprov Bali XIII/2017 Gianyar, dan di Tabanan kembali dipertandingkan.

“Kami menargetkan menyumbang 4 medali emas bagi kontingen Denpasar di Porprov Bali mendatang, kami akan mengirim full team ke ajang tersebut,” tegas Ketua Umum Persatuan Senam Indonesia (Persani) Kota Denpasar, Made Dana Tenaya usai kejuaraan senam artistik Walikota Cup, Minggu 24 Februari 2019.

Pada Porprov Bali mendatang senam mempertandingkan tiga nomor yakni senam lantai, senam pakai alat dan senam serba bisa atau gabungan dari dua nomor tersebut putra putri dengan 6 medali emas diperebutkan.

Kejuaraan senam artistik antarklub Walikota Cup X/2019 kembali mengantarkan SDN 8 Dauh Puri mempertahankan gelar juara umum. Diperkuat pesenam klub Surya Teria yang dilatih I Made Wiriadi, S.Pd., SDN 8 Dauh Puri keluar sebagai juara umum untuk kesepuluh kalinya.

Kejuaraan melibatkan 111 pesenam dari  14 klub senam artistik di Kota Denpasar. Sebagai ajang pembinaan, peserta dibagi menjadi  kelompok umur (KU) putra meliputi 7 KU, yaitu KU I (di bawah 6 tahun), KU II (6-8 tahun), KU III (8-10 tahun), KU IV (10-12 tahun), KU V (12-14 tahun), dan KU VI (di atas 14 tahun), KU VI (mahasiswa). Untuk putri terbagi dalam 5 KU meliputi KU II (6-8 tahun), KU III (8-10 tahun), KU IV (10-12 tahun), KU V (12-14 tahun), dan KU VI (di atas 14 tahun).

Ketua Umum Persani Bali, Made Raka, mengapresiasi terselenggaranya kejuaraan senam artistik antarklub Piala Walikota X/2019. Ini membuktikan klub senam di Kota Denpasar tetap hidup dan berkembang.

Persani Bali, kata Made Raka, terus berbenah. Untuk meningkatkan proses pembinaan prestasi dan pengembangan olahraga senam di Pulau Dewata.

Dirinya mengaku lega dengan keputusan sekaligus kepastian cabor senam dipertandingkan Porprov Bali XIV/2019 di Tabanan, meski sebenarnya diakui jika perkembangan senam di Bali belum menunjukkan statistik meningkat drastis. Meski demikian sudah ada 6 pengkab dan pengkot yang siap tampil yakni Denpasar, Badung, Buleleng, Karangasem, Gianyar dan tuan rumah Tabanan.(git)