Diresmikan, Pasar Badung jadi Pasar Tradisional Termegah di Indonesia Timur

Pasar Badung dilengkapi eskalator dan lift (FOTO: Perspectivesnews/hms)

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS – Pasar Badung di Kota Denpasar yang direnovasi setelah terbakar beberapa tahun lalu, Minggu 24 Februari 2019 resmi dibuka kembali.

Ribuan pedagang sudah bisa berjualan di pasar terbesar di Bali dan termegah di Indonesia Timur ini. Meski tetap mempertahankan ciri khas pasar rakyat, namun Pasar Badung yang baru tak lepas dari sentuhan modern. Pasar ini dilengkapi eskalator dan lift tak ubahnya mal.

Sedikitnya 10 eskalator dan 6 lift terdiri atas 2 lift barang dan 4 lift umum terdapat di pasar ini. “Pasar Badung sekarang lebih modern. Kalau dulu harus capek naik turun tangga, sekarang sudah ada eskalator. Belanja seperti di mal,” ujar salah seorang warga.

Selain dilengkapi eskalator dan lift, pasar ini juga dilengkapi kipas angin dan  AC sehingga pengunjung tidak kepanasan. Di pasar ini juga dilengkapi fasilitas pemadaman api ringan, serta penunjuk arah evakuasi dan titik aman untuk memudahkan pedagang dalam mobilisasi barang dan pengunjung.

Dirut PD Pasar Kota Denpasar, IB Kompyang Wiranatha mengatakan, meski Pasar Badung merupakan pasar rakyat namun tidak lepas dari sejumlah sentuhan modern.

Wiranata  menjelaskan keberadaan Pasar Badung sebagai denyut nadi perekonomian di Kota Denpasar sangatlah penting. Sebagai pasar rakyat, tentunya peningkatan infrastruktur pasar harus terus dilaksanakan. Namun demikian, dengan pengelolaan yang modern tentu tetap mempertahankan kultur budaya atau smart heritage market sebagai bagian dari city tour.

“Dengan tersedianya fasilitas yang telah sesuai dengan SNI ini kami akan terus berupaya meningkatkan pelayanan dengan memberikan sarana pembinaan  dan pelayanan sosial kepada para pelaku pasar melalui sekolah pasar, bina usaha, klinik layanan kesehatan, pemberdayaan perempuan dan anak serta koperasi pedagang,” ujarnya.

Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra menjelaskan revitalisasi pasar rakyat merupakan salah satu program unggulan Pemkot Denpasar guna meningkatkan daya saing serta harkat martabat para pedagang.

Beragam fasilitas penunjang terus ditingkatkan guna mewujudkan pasar rakyat yang segar, bersih dan terpercaya. Sehingga pasar rakyat ini tidak hanya dimanfaatkan sebagai wadah bertemunya penjual dan pembeli, melainkan dapat juga menjadi wahana rekreasi sekaligus objek wisata.(ari)