Ratusan Siswa di Denpasar Membantu Bersihkan Pantai Mertasari dari Sampah Plastik

Siswa-siswi se-Kota Denpasar saat bersih-bersih Pantai Mertasari. (FOTO/ist)

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS – Sejak dikeluarkannya larangan menggunakan tas kresek sebagai pembungkus di tempat-tempat belanja, Pemerintah Kota Denpasar gencar melakukan aksi bersih-bersih sampah plastik di tempat umum.

Yang terakhir, ratusan siswa SMP, SMA/SMK se-Kota Denpasar serta seluruh OPD Pemkot Denpasar bersama unsur masyarakat lainnya melakukan kegiatan aksi susur pantai sembari memungut sampah di kawasan Pantai Mertasari sampai Pantai Semawang Sanur.

Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Denpasar, Wayan Wirawan mengatakan kegiatan ini merupakan kerja sama pihaknya dengan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Denpasar melibatkan siswa sekolah, komunitas serta masyarakat khususnya yang berada di sekitar lokasi kegiatan.

“Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi momentum bagi masyarakat agar lebih bijaksana dalam menggunakan sampah plastik, sehingga sampah plastik yang merupakan jenis sampah sulit terurai ini dapat dikurangi,” kata Wayan Wirawan. 

Ketua PPI Kota Denpasar, Made Edi Agustina mengatakan  kegiatan ini merupakan kegiatan  PPI Kota Denpasar dalam mendukung program Pemerintah Kota Denpasar memerangi sampah plastik. Edi Agustina mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian HUT Kota Denpasar ke-231 yang diikuti oleh ratusan peserta dari Paskibraka di sekolah SMP, SMA/SMK Kota Denpasar. Dimana kegiatan ini merupakan bentuk dukungan PPI Kota Denpasar untuk mendidik siswa-siswi agar peduli terhadap lingkungan sejak dini.  

“Melalui kegiatan ini ke depan kita berharap terus dilaksanakan, selain menyusur pantai kami akan melaksanakan kegiatan susur sungai dimana sungai juga perlu diperhatikan kebersihannya, sehingga seluruh tempat di Kota Denpasar tampak asri dan bersih,” ujar Agustina.(ari)