FPTI Bali Tak Ambil Pusing Panjat Tebing Dipertandingkan atau Tidak di PON Papua

Putu Yudi Atmika (FOTO: Perspectivesnews/Sigit

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS – Isu tidak dipertandingkannya cabang olahraga panjat tebing di PON XX/2020 Papua, rupanya tidak membuat Pengprov Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Bali gusar.

“Saya tak ambil pusing, mau dipertandingkan atau tidak, bagi FPTI Bali hal itu tidak akan mengendurkan program pembinaan yang telah disusun,” ucap Ketua Umum FPTI Bali, Putu Yudi Atmika, Sabtu 23 Februari 2019.

Yudi mengatakan, sampai saat ini Pengurus Pusat FPTI sedang melakukan komunikasi dengan pihak panitia PON untuk memastikan cabor panjat tebing dipertandingkan di PON Papua.

Menurut Yudi yang juga pengurus KONI Bali itu, tidak ada alasan panjat tebing tak dipertandingkan di PON karena di tingkat Olimpiade panjat tebing dipertandingkan dan di SEA Games juga dihajat.

Hanya saja, lanjut dia, dalam melakukan komunikasi dengan pihak panitia PON mengalami kesulitan lantaran Pengprov FPTI Papua sendiri dibekukan oleh PP FPTI.

“Alasan pusat membekukan kepengurusan di Papua, karena FPTI Papua tidak pernah mengikuti kegiatan nasional termasuk mengirimkan atletnya ke kejurnas. Pembekuan tersebut sesuai aturan organisasi,” kata Yudi Atmika.

Dikatakannya, PP FPTI bersama KONI Pusat dan Kemenpora telah menyepakati bahwa panjat tebing dipertandingkan di PON Papua karena mengacu pada cabor Olimpiade. Rakernas FPTI sendiri, belum lama ini, kata Yudi, juga memutuskan kalau cabor ini dihelat di PON Papua.

Yang menjadi kendala, kata Yudi, kesiapan panitia daerah untuk menggelar cabor panjat tebing masih belum ada kepastian, termasuk juga keberadaan venue panjat tebing di sana apakah ada atau tidak.

“Tetapi karena PP FPTI dan KONI Pusat sudah komitmen panjat tebing dipertandingkan di PON XX, maka akan dipertandingkan entah apakah digelar di Papua atau di luar Papua,” ujarnya dan menambahkan sudah ditetapkan oleh PP FPTI ada 14 nomor dipertandingkan di PON XX.

Yudi Atmika mengatakan, PP FPTI telah menginstruksikan kepada Pengprov FPTI seluruh Indonesia agar tidak risau dengan isu tidak dipertandingkannya panjat tebing di PON Papua. Pembinaan atlet juga harus terus dilakukan untuk melahirkan atlet panjat tebing tumpuan Indonesia di ajang internasional.(git)