Manajer Madura United Setuju KLB jika Diminta Exco

Haruna Soemitro

Jakarta, PERSPECTIVESNEWS – Manajer klub Madura United Haruna Soemitro mengatakan dirinya menyetujui digelarnya Kongres Luar Biasa (KLB) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dengan catatan KLB tersebut berlangsung atas permintaan Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

“KLB sebaiknya jangan atas prakarsa ‘voters’ atau para klub karena tahun ini tahun politik. Kalau atas prakarsa ‘voters’ atau klub, sepakbola sebagai pemersatu bangsa dapat kembali tercabik-cabik karena urusan KLB,” ujar Haruna di Jakarta, Senin 18 Februari 2019.

Menurut dia, KLB adalah terobosan yang harus dilakukan exco PSSI agar perkembangan sepakbola Indonesia tidak terganggu. Dengan mengadakan KLB, exco PSSI dianggapnya dapat menyerap aspirasi masyarakat dan sejalan dengan perkembangan kondisi persepakbolaan terkini.

Wacana untuk KLB kembali muncul ke permukaan usai Ketua Umum PSSI Joko Driyono ditetapkan sebagai tersangka pengrusakan barang bukti yang diduga terkait pengaturan skor oleh Polri. KLB ini digelar untuk mengganti pucuk pimpinan organisasi yang berdiri sejak tahun 1930 itu.

Berdasarkan Pasal 30 Statuta PSSI, ada dua syarat KLB bisa dilaksanakan. Pertama, atas permintaan exco PSSI. Exco berhak melakukan KLB setiap saat. Kedua, berlangsung atas permintaan tertulis resmi dari 2/3 pemilik suara (voters) PSSI. Jika ini yang terjadi, KLB wajib dilaksanakan dalam waktu tiga bulan setelah permintaan diterima. “Namun, saya pribadi masih yakin exco akan melakukan KLB. Kalau itu yang terbaik, kenapa tidak, keputusan itu yang diambil,” kata Haruna seperti dilansir Antara.(git).