FPTI Bali Berharap Tuan Rumah Porprov Membangun Lintasan Panjat Tebing

Putu Yudi Atmika (FOTO: Perspectivesnews/Sigit Winarko)

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS – Pemerintah Kabupaten Tabanan sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali XIV/2019 hendaknya juga menyiapkan lintasan panjat tebing.

Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Bali, Putu Yudi Atmika mengatakan dengan dibangunnya lintasan panjat tebing nantinya akan berdampak positif bagi atlet setempat dalam meningkatkan kapasitasnya.

“Kami berharap Pemkab Tabanan membangun lintasan panjat tebing karena nantinya bisa meningkatkan kualitas atlet panjat tebing di Tabanan,” ucap Putu Yudi Atmika, Kamis 14 Februari 2019.

Dibangunnya lintasan, lanjut dia tak semata untuk hajatan Porprov Bali–tetapi paling utama mampu menjadikan para pemanjat tebing Tabanan sendiri berkualitas ke depannya. Karena itu pihaknya berharap Pemkab Tabanan bisa merealisasikan lintasan panjat tebing di daerahnya.

Dicontohkannya, sekarang ini di event-event lokal Bali saja, Tabanan masih tertinggal dengan beberapa daerah lain di Bali. Padahal potensi atlet Tabanan sangat besar untuk menjadi pemanjat tebing tangguh.

“Kalau sekarang prestasi Tabanan tertinggal dari daerah lain, ya karena atletnya tidak bisa berlatih rutin karena tak memiliki lintasan,” katanya.

Dia menyontohkan, ada salah satu atlet Tabanan tinggal bersama orang tuanya. Ketika orang tuanya pindah ke Jembrana, atlet itu berlatih di Jembrana karena ada lintasan di sana, ternyata pada kejurnas, mampu meraih medali perak. “Itu bukti pentingnya lintasan bagi atlet,” imbuh pria yang juga Wakil Sekretaris Umum I KONI Bali itu.

Yudi Atmika mengatakan membangun lintasan panjat tebing tidak lama, karena kerangka terbuat dari besi dan bukan seperti membangun rumah.

“Saya rasa satu atau dua bulan sudah selesai. Selain itu kan juga ada dana bantuan dari KONI Bali secara bertahap,” demikian Yudi Atmika.(git)