Ini Kerajinan Sampah Plastik Bernilai Ekonomis Sangat Tinggi

0
1732
Kerajinan tas dari sampah plastik bekas yang didaur ulang.

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS- Berbagai kerajinan dari sampah plastik bekas memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi dan bahkan laku hingga ke luar negeri. Salah satu alasan tersebut menjadi motivasi tersendiri bagi sebagian kalangan masyarakat saat mengikuti Edu Talk #9 Zero Trash Workshop.

Pelatihan yang diadakan di Kertalangu, Denpasar, Bali Sabtu (2/2/2019) itu diikuti puluhan warga sekitar lokasi. Mereka mengikuti pelatihan mendaur ulang sampah plastik menjadi barang-barang yang bernilai dan dapat digunakan kembali.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya kami untuk mengajak masyarakat peduli terhadap lingkungan dan mengubah pandangan masyarakat terhadap sampah,” ujar Leader Trash Hero Chapter Kertalangu, Putu Evie Hatch, di Denpasar, Sabtu.

Bahkan Putu Evie menegaskan kerajinan sampah plastik bekas tersebut memiliki nilai ekonomi sangat tinggi bahkan laku hingga ke luar negeri.

Dalam kegiatan bertajuk Edu Talk #9 Zero Trash Workshop itu, para peserta yang merupakan ibu-ibu PKK dan sejumlah anak-anak mencoba mempelajari mengolah sampah-sampah plastik menjadi berbagai kerajinan seperti tas dan tikar anyaman.

Sampah plastik yang digunakan sebagian besar merupakan plastik bekas pembungkus kopi maupun minuman bubuk lainnya yang kemudian dilipat dan dianyam menjadi suatu bentuk tertentu dengan pemateri Founder Kertabumi Recycling Center Jakarta, Ikbal Alexander.

Kertabumi merupakan adalah pusat daur ulang yang fokus mengajak masyarakat mendaur ulang dan berkreasi olah sampah plastik yang mereka hasilkan dengan metode rumahan.

Selain mengadakan pelatihan, Trash Hero Chapter Kertalangu memiliki sejumlah program lain seperti aksi bersih pantai secara rutin setiap hari Minggu, seminar tentang lingkungan hingga kegiatan workshop.   (zil)