Pergatsi Bali Berharap Tuan Rumah PON Tambah Nomor Pertandingan

0
238
FOTO:Dewa Putu Susila (Perspectivesnews/ist)

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS – Seluruh Pengprov Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) kini berharap tuan rumah PON 2020 Papua, bisa menambah nomor yang dipertandingkan di ajang Pra-PON maupun PON mendatang. Pasalnya, saat ini yang sudah pasti baru tiga nomor saja, padahal lumrahnya di event gateball skala nasional, minimal ada lima nomor, bahkan bisa sampai delapan nomor.

“Kami mengapresiasi Papua sebagai tuan rumah dan kami juga paham dengan kondisi di sana. Tapi, kami tetap memperjuangkan agar penambahan nomor itu bisa direalisasi,” ujar Sekum Pergatsi Bali, Dewa Putu Susila saat dikonfirmasi, Sabtu (2/2).

Hal itu tertuang saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pergatsi beberapa waktu lalu di Jakarta, dan sontak saja hal itu dipertanyakan seluruh Pengprov Pergatsi, termasuk Bali. Oleh karena itu, pihaknya pada rakernas itu berharap agar nomor bisa ditambah.

“Kalau lima nomor itu, di Pra-PON atau PON sudah cukup kok. Kalau event-event nasional, bahkan minimal ada delapan nomor dipertandingkan. Tapi seluruh pengprov mengusulkan agar di Pra-PON dan PON bisa menjadi delapan nomor sesuai dengan jumlah standar yang dipertandingkan di tiap event nasional selama ini,” beber Dewa Susila.

Disebutkan, tiga nomor itu yakni double campuran, triple campuran dan beregu campuran. Dan untuk nomor single saat ini masih diperjuangkan agar bisa dipertandingkan. “Nanti terserah kategori putra dan putri bisa ditambahkan di nomor mana saja, asalkan lebih dari tiga nomor,” imbuh Dewa Susila yang juga Bidang Hubungan Luar Negeri dan Sport Tourism KONI Bali itu.

Bagaimana persiapan tim Bali sendiri? Disebutkannya, karena tiga nomor itu masih dipakai acuan sampai saat ini, mau tidak mau Pergatsi Bali terus mengasah atlet di nomor-nomor itu di tiap event nasional. Namun, di satu sisi, nomor-nomor di luar tiga itu, tetap diikutsertakan. Tujuannya nanti ketika ada penambahan, Pergatsi Bali tidak kelabakan dalam persiapan.

“Kalau untuk target kami di PON bisa sapu bersih tiga medali emas di nomor tersebut. Kami tidak muluk-muluk karena berdasarkan pengalaman nasional, Bali termasuk tim kuat yang diperhitungkan, dan selalu menghadirkan prestasi,” tandasnya.(git)