Penyaluran Bantuan Sosial di Jembrana Diawasi Polisi

Rapat koordinasi penyaluran bansos yang melibatkan kepolisian di Jembrana, Bali. (FOTO: Perspectivesnews/ist)

Jembrana, PERSPECTIVESNEWS – Pemerintah Kabupaten Jembrana, Bali menggandeng Polres setempat bekerja sama mengawal penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat. Pengawalan terhadap penyaluran bansos itu sesuai MoU antara Kementerian Dalam Negeri dan Kapolri.

 Dengan adanya pengawalan sekaligus pengawasan dari aparat kepolisian, penyaluran bansos diharapkan bisa tepat sasaran sehingga tidak menimbulkan polemik di masyarakat. Untuk mematangkan rencana tersebut jajaran Polres Jembrana  telah melakukan koordinasi dengan instansi terkait di Pemkab Jembrana.

Kepala Bagian Sumber Daya (Kabag Sumda) Polres Jembrana Kompol, I Made Prihenjagat  didampingi Kasat Binmas Polres Jembrana, AKP Dewa Gede Kartika mewakili Kapolres Jembrana menyatakan, dengan pengawasan dalam penyaluran bansos tersebut diharapkan bansos dapat disalurkan secara merata dan tepat sasaran serta sesuai dengan data riil di lapangan.

Diharapkan dengan pengawasan yang lebih ketat,  tidak ada lagi persoalan di masyarakat terkait penyaluran bantuan, serta tidak terjadi komplain dari kalangan masyarakat yang nantinya dapat menjadi sebuah polemik yang bisa mengganggu stabilitas kamtibmas.

“Jangan sampai ada warga miskin yang seharusnya berhak mendapatkan bansos malah tidak dapat, begitu sebaliknya. Apalagi  sekarang masuk dalam masa-masa tahun politik, sehingga harus lebih selektif,” tegasnya.

Sementara itu, Plt. Kadis Sosial Kabupaten Jembrana, Koemala Dewi mengatakan pendistribusian bansos ini akan diberikan di setiap kecamatan dimana penyalurannya dimulai dari Kecamatan Pekutatan, Kecamatan  Mendoyo, Kecamatan Jembrana, Kecamatan Negara hingga di Kecamatan Melaya.

Bansos yang akan diberikan tersebut berupa uang tunai, yang pendistribusiannya dengan cara mentransfer ke rekening warga yang sudah tercantum dan terdaftar namanya di daftar statistik keluarga yang layak menerima bansos.(yus)