Gudang Kayu Terbakar, Kerugian Rp 100 Juta Lebih

Petugas berupaya menghalau api yang meratakan gudang kayu. Kerugian ditaksir mencapai Rp 100 juta lebih

Gianyar, PERSPECTIVESNEWS.COM- Sebuah gudang penyimpanan kayu material kerajinan, terbakar. Kejadian itu membuat panik warga di lokasi sekitar gudang. Kejadian Rabu (30/1/2019) ini sudah ditangani petugas terkait.

Kerugian ditaksir mencapai Rp 100 juta lebih. Penyebab kebakaran yang terjadi pada pukul 12.00 Wita itu diduga berasal dari percikan api dupa.  

Kebakaran yang terjadi di pemukiman padat di Lingkungan Sampiang, Gianyar tersebut juga mengakibatkan seorang  penyandang disabilitas mengalami sesak nafas namun berhasil diselamatkan warga dari asap yang memenuhi rumahnya.

Sejumlah mobil pemadam kebakaran berdatangan ke lokasi.  Petugas berupaya melakukan penyemprotan ke titik api yang  berdekatan dengan rumah warga sekitarnya.  “Tumpukan kayu yang sangat banyak menyulitkan kami untuk  memadamkan titik api. Terutama api  yang berada di bagian dalam yang sulit dijangkau semprotan air,” terang Danki Damkar Gianyar, Dewa Nyoman Anom.

I Gusti Ngurah Kantor (60) yang rumahnya bersebelahan dengan gudang tersebut berteriak panik minta tolong karena adiknya, Gusti Made Putra (50) yang mengalami kelumpuhan (difabel) terjebak asap tebal yang menyelimuti rumahnya. Karena terlalu banyak menghirup asap pekat, korban menderita sesak nafas dan lemas.

“Saya sudah pasrah tadi, api sudah menjalar ke bangunan merajan kami di lantai dua. Sedangkan adik saya yang sakit, masih di dalam kamar. Makanya saya panik sekali, “ terang Gusti Kantor.

Pemilik gudang, I Wayan Sudiartana (40) asal lingkungan Candi Baru, Gianyar, sangat  menyesali musibah yang terjadi atas kelalaiannya sendiri. Dikatakan, Rabu pagi, dirinya sempat menghaturkan sesajen lengkap dengan dupa. Diduga, percikan api dupa tersebut yang memicu kebakaran yang meratakan seluruh bangunan gudang seluas 100 meter persegi itu.

“Saya baru tahu gudang ini terbakar sekitar pukul 12.30 Wita. Saya sedang di rumah sebelah dan diberitahu karyawan,“ terangnya singkat.Kapolsek Kota Gianyar, Kompol I Ketut Suastika, belum berani memastikan penyebab kebakaran sebelum dilakukan olah TKP dan meminta sejumlah keterangan saksi dan pemilik gudang.

Dari pendataan sementara, sebutnya, kerugian yang ditimbulkan  dari musibah ini mencapai Rp 100 juta lebih. Diakuinya, ada keluhan warga setempat atas keberadaan gudang di tengah daerah padat pemukiman ini. Terlebih, dijadikan tempat penyimpangan material yang mudah terbakar tanpa ada yang mengawasi.

“Lebih lanjut akan kami periksa kelengkapan izin gudang ini serta persyaratan standar keamanan gudang demi kenyamanan warga sekitar,” pungkasnya.  (git)