Dishub Denpasar Geram, Masih Banyak Mobil Parkir Sembarangan

Petugas Dishub Kota Denpasar mencabut pentil mobil yang parkir sembarangan (FOTO: Ist).

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS.COM – Dinas Perhubungan Kota Denpasar agaknya sudah “gemas” melihat pemilik mobil seenaknya saja memarkir kendaraannya di tempat terlarang. Saat melakukan penertiban bersama institusi Polri, TNI dan instansi terkait di sejumlah kawasan di Denpasar, sedikitnya 45 kendaraan digembosi roda depannya, Selasa 29 Januari 2019.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Denpasar, Ketut Sriawan dihubungi Rabu 30 Januari 2019, mengatakan 45 kendaraan yang digembosi rodanya tersebut terdapat di Jalan Ahmad Yani Denpasar sebanyak 21 kendaraan, 20 kendaraan di Jalan Jepun Denpasar, dan di Jalan Cokroaminoto Denpasar sebanyak empat kendaraan.

Penertiban dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar tertib dan peduli keselamatan berlalu lintas. Mengingat beberapa ruas jalan di Kota Denpasar mengalami kepadataan pada jam tertentu. Adanya kendaraan parkir sembarangan di badan jalan sangat menghambat arus lalu lintas.

“Hingga saat ini pelanggaran masih didominasi pada salah parkir dan melanggar rambu lalu lintas,” ujarnya sembari menambahkan bagi pelanggar dikenakan sanksi bervariasi sesuai pelanggaran yang dilakukan.

Sanksi tersebut di antaranya penempelan stiker, penggembokan, tilang, penggembosan, dan pencabutan pentil. Sriawan mengatakan, tindakan tegas yang dilakukan jajaran Dishub Denpasar pada intinya untuk penegakan Peraturtan Daerah (Perda).

Ke depan, kata dia, pihaknya masih tetap melakukan penindakan sewaktu-waktu agar para pelanggar jera. “Harus ada tindakan tegas untuk mengatasi hal ini karena sudah mengganggu pengguna lalu lintas lainnya,” katanya.

Kepada pengguna jalan pihaknya minta agar mematuhi rambu-rambu yang ada. Jika masih ditemukan pelanggaran, Dishub akan menindak sesuai Perda Nomor 13 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Perhubungan di Kota Denpasar.(zil)