Denpasar Bertekad Juara Umum Porprov Bali Menggeser Dominasi Badung

Ida Bagus Tony Astawa (kanan) dan Dewa Rai (FOTO: Perspectivesnews/Sigit Winarko)

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS.COM – Kota Denpasar sebagai gudangnya atlet berprestasi di Bali, sudah bosan jika setiap hajatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali selalu runner up di bawah Kabupaten Badung sebagai juara umum. Yang terakhir saat Porprov Bali XIII/2017 Gianyar, Denpasar runner up dengan terpaut hanya 4 keping medali emas. Pada Porprov Bali XIV/2019 September nanti di Kabupaten Tabanan, KONI Kota Denpasar menargetkan juara umum.

 Ketua Umum KONI Kota Denpasar, Ida Bagus Tony Astawa, mengakui meskipun di porprov Tabanan nanti atlet Bali peraih medali SEA Games, Asian Games dan juara dunia tidak boleh berlaga, namun dengan atlet-atlet muda Denpasar siap merebut juara umum porprov.

“Saya pikir memang peraih medali SEA Games, Asian Games, Olimpiade dan kejuaraan dunia tidak boleh turun. Memang kalau acuan Porprov Bali ke Pra-PON maupun PON, sudah saatnya memberikan kesempatan bagi para atlet muda tampil. Saya rasa itu tidak masalah, karena kami tetap optimis juara umum (porprov) dengan atlet muda kami,” tutur pria yang akrab disapa Gus Tony, didampingi Humas KONI Denpasar Dewa Rai, Rabu 30 Januari 2019.

Gus Tony mengatakan, selama ini pembinaan atlet di Denpasar lebih mengarah ke atlet muda, bahkan mulai dari atlet pemula. “Karena itulah kami tidak masalah dengan semua itu meski Denpasar memiliki atlet yang berlaga dan meraih medali di event internasional dan tidak boleh berlaga di porprov,” imbuh Gus Tony diamini Dewa Rai.

Seperti diketahui, KONI Denpasar dalam rapat kerja dengan anggota menyebut telah menyiapkan program 2019 diawali dengan Walikota Cup akhir Februari  nanti. Setelah itu, pada bulan Maret atau April, seluruh cabor sudah menyiapkan tim bayangan yang akan diterjunkan dalam ajang porprov.

“Desentralisasi disiapkan tiga bulan untuk try in atau try out cabor. Saya dengar beberapa cabor telah memiliki tim bayangan dan sudah melakukan uji coba keluar Bali. Saat entry by number nanti saya minta sudah ada tim semi definitif, dan saat entry by name kita siapkan atlet tim definitif kota Denpasar. Jumlah atlet dan ofisial tidak jauh dengan di Porprov Gianyar 800 orang,” sebut dia.

Soal raihan emas di Porprov Tabanan nanti, pihaknya mengharapkan ada peningkatan dari Porprov Gianyar dan tetap menilai peluang meraih juara umum terbuka.(git)