Seminar Bahasa Ibu Sambut HUT ke-231 Kota Denpasar

Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara (tengah) saat menerima audiensi panitia seminar di Kantor Walikota Denpasar, Senin (28/1/2019).

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS.COM-  Pemkot Denpasar menggandeng perguruan tinggi dalam memeriahkan HUT ke-231 tahun 2019. Salah satu kegiatan itu adalah pelaksanaan Seminar Bahasa Ibu yang merupakan kerjasama antara Pemkot Denpasar dengan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Kota Denpasar. 

Panitia seminar yang dipimpin Maria Matildis Banda saat beraudiensi dengan Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara di kantor Walikota Denpasar, Senin (28/1/2019).

Maria Matildis Banda mengatakan, Seminar Bahasa Ibu ini merupakan upaya untuk memperkenalkan kembali kekayaan Bahasa Ibu yang salah satunya adalah Bahasa Bali. Dalam pelaksanaanya yang dijadwalkan pada 22-23 Februari di Kampus Unud Denpasar ini juga dirangkaikan menyambut HUT ke-231 Kota Denpasar dan Hari Bahasa Ibu Internasional tahun 2018.

 “Kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan kekayaan bahasa di Indonesia khususnya Bahasa Bali yang hingga kini masih menjadi kearifan lokal di Bali,” jelasnya.

 Ditambahkan, dalam kegiatan ini juga akan mendatangkan narasumber yang ahli di bidangnya yakni Prof. James T Collins yang merupakan keynote speaker dari Malaysia, Prof. Dr Multamia RMT Lauder dari Universitas Indonesia, Prof. Oktavianus dari Universitas Halu Oleo dan Dr. Drs. Yapi Taum dari Universitas Sanatana Dharma.

 “Kami berharap kegiatan ini dapat berjalan lancar dan sesuai harapan dan dapat memberikan kontribusi dalam pelestarian budaya dan kearifan lokal Bali utamanya Bahasa Bali dan Bahasa Indonesia,” paparnya.

 Sementara Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara menyambut baik pelaksanaan kegiatan Seminar Bahasa Ibu tersebut. Bahkan, pihaknya dan Pemkot Denpasar sangat mendukung suksesnya pelaksanaan kegiatan tersebut. “Kami sangat mengapresiasi dan siap mendukung suksesnya Seminar Bahasa Ibu ini,” kata Rai Iswara.

Lanjut Rai Iswara mengatakan, dengan adanya kegiatan ini tentu sangat sesuai dengan Peraturan Gubernur Bali dan Surat Edaran (SE) Walikota Denpasar Nomor 836 Tahun 2018 tertanggal 2 Oktober 2018 tentang Hari Penggunaan Busana Adat Bali, Pelindungan Penggunaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali serta penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali serentak di Kota Denpasar.

 “Pemkot sangat mendukung pelaksanaan kegiatan ini, hal ini sesuai dengan arahan Bapak Walikota dan Wakil Walikota agar semua elemen masyarakat yang salah satunya adalah perguruan tinggi ikut memeriahkan rangkaian HUT ke-231 Kota Denpasar,” demikian Rai Iswara.  (hum)