Kesiapan Jaringan dan Bantuan XL Axiata di Daerah Bencana Banjir Sulsel

Kesiapan BTS XL Axiata di wilayah bencana banjir Sulsel.

Makasar, PERSPECTIVESNEWS.COM- Bencana banjir yang melanda sejumlah wilayah di Sulawesi Selatan (Sulsel) tidak berdampak secara signifikan terhadap infrastruktur jaringan XL Axiata di lokasi-lokasi terlanda bencana. Dari sekitar 370 BTS XL Axiata yang terdapat di Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, Maros, dan Pangkep – daerah yang paling parah terlanda banjir – hanya beberapa BTS yang sempat terkendala. Dan tim teknis XL Axiata telah melakukan rekayasa jaringan untuk meng-cover BTS yang terkendala.

Group Head XL Axiata Region East, Mochamad Imam Mualim mengatakan, “Di beberapa titik, banjir telah menyebabkan BTS kami tidak bisa beroperasi karena adanya pemadamann aliran listrik. Hal ini bisa dimaklumi karena sangat beresiko jika listrik tetap dialirkan dan ada banjir di situ. Kami telah mengantisipasinya dengan menyalakan genset untuk beberapa titik BTS yang memang masih memungkinkan dijangkau dan perangkat tidak terendam air. Sementara itu di lokasi yang tidak bisa dijangkau karena banjir, kami harus menunggu surutnya air,” ungkapnya dalam rilisnya, Sabtu (26/1/2019).

Menurut Imam Mualim, meski beberapa BTS terganggu, namun hal itu tidak menyebabkan penurunan kualitas jaringan karena tim XL Axiata telah melakukan rekayasa jaringan sehingga layanan tetap bisa dilakukan. 

XL Axiata juga mendukung upaya pemulihan kondisi pasca bencana banjir bandang di beberapa kabupaten di Sulsel. Untuk keperluan itu, XL Axiata menyalurkan bantuan yang bersifat darurat utk warga yang terdampak bencana. Bantuan yang telah tersalurkan antara lain berupa bahan makanan, obat-obatan, dan selimut.  Lokasi penyaluran di beberapa lokasi pengungsian yang terdampak paling serius.  Untuk penyaluran bantuan ini, XL Axiata bekerjasama dengan aparat setempat untuk memastikan sampai ke warga yang membutuhkan bantuan.   (ari)